About Me

My photo
Tangerang, banten, Indonesia
hey,i'm hayu. I'm interested much about japan, so check it out. Don't forget to leave comment of this blog,,OK ??

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Friday, April 15, 2011

Teknologi Terbaru


Ilmuwan Jepang Peragakan Hologram Yang Bisa Disentuh

Anda ingin merasakan sesnsasi sentuhan pada tampilan hologram? ya, tentu saja. Dan ini seperti apa yang dikembangkan oleh para ahli di Jepang baru-baru ini. Pasalnya para ilmuwan di Universitas Tokyo tersebut telah mengembangkan sebuah projector hologram yang mampu merender secara nyata objek 3 dimensi. Sistem ini terdiri dari sebuah perangkat tampilan hologram, 2 track Wii mote dan sebuah unit ultrasound feedback.
Seorang peneliti Takayuki Hoshi menerangkan secara abstrak, bahwa tampilan mengambang di Udara yang pernah disaksikan pada film-film fiksi beberapa dekade yang belakangan. Baru-baru ini hal tersebut menarik banyak perhatian sebagai teknologi yang menjanjikan di bidang dunia digitalisasi dan pertelevisian, serta banyak tipe tampilan hologram yang dimaksudkan dan dikembangkan sekarang ini. Ditambahkan pula, objek virtual yang terlihat dalam bentuk hologram merupakan suatu pengalaman yang luar biasa sehingga kemungkinan ada hasrat ingin meraih atau bahkan menyentuh objek virtual tersebut untuk merasakan sensasi dari sentuhan tangan secara langsung.
Berpijak dari hasrat tersebut, Hoshi pun menegaskan bahwa timnya telah sukses menambahkan fitur feeback ke tampilan image pada  3D free space. Meskipun sensasi tersebut butuh kontak dengan objek secara alamiah, keberadaan stimulator d udara menekan tampilan image hologram. Oleh karena itu beberapa jenis remote kontrol sensasi diperlukan. Hal tersebut memberikan tampilan yang tampak terlihat seperti asli. Ini menggunakan nonlinear phenomenom ultrasound (tekanan radiasi akustik). Ketika sebuah objek memasuki perambatan ultrasound, sebuah bidang tekanan menekan permukaan objek tersebut.
Menurut Hoshi sendiri, sistem ini mampu direfresh berdasarkan data digital dan bisa digunakan pada video game, CAD 3D dan aplikasi yang sejenis lainnya.

Jepang, selaku tuan rumah pertemuan KTT G8, akan memamerkan berbagai teknologi majunya yang ramah lingkungan, bahkan hampir sepenuhnya bebas dari gas emisi, menyusul masuknya isu konservasi lingkungan sebagai salah satu agenda utama dalam pertemuan tersebut.
Departemen Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang di Tokyo, Rabu, menyatakan, pihaknya akan memperlihatkan teknologi dari rumah kaca yang ramah lingkungan, bahkan melibatkan sekitar 50 perusahaan Jepang yang ambil bagian dalam kegiatan di Hokkaido 7-9 Juli mendatang.
Sementara itu, Atase Perindustrian KBRI Tokyo Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, Indonesia harus memanfaatkan kesempatan melihat kelebihan teknologi terbaru Jepang di bidang lingkungan, terlebih delegasi Indonesia juga menjadi undangan resmi pemerintah Jepang di KTT G8.
"Delegasi Indonesia nantinya dapat melihat sendiri kemajuan teknologi Jepang sekaligus memperoleh pembanding untuk bisa diterapkan di Indonesia nantinya," kata Sigit.
Ia menambahkan, Indonesia sendiri saat ini sedang menjajaki kerja sama pemanfaatan berbagai teknologi yang ramah lingkungan dari jepang, termasuk teknologi yang memanfaatkan panas buangan dari industri semen.
"Penjajakannya sedang dilakukan dan memang patut diterapkan di Indonesia, mengingat krisis listrik yang dihadapi ada saat ini. Panas buangan yang dihasilkan industri semen nantinya dapat diubah menjadi energi listrik yang bisa langsung dimanfaatkan," katanya.
Selama berlangsung KTT G8 pada 7-9 Juli mendatang di kawasan resort Danau Toyako, Hokkaido, Jepang akan menampilkan berbagai teknologi yang juga hemat energi dan efisien dalam satu panggung raksasa.
Perusahaan-perusahaan seperti Matsushita Electric Industri Co, Sekisu House Ltd, hingga robot humanoid Asimo dari Honda Motor Co. turut ditampilkan.
Robot Asimo sendiri nantinya akan berperan menjamu para tamu dengan menyuguhkan minuman teh khas Jepang, ocha.
Jepang bersama negara industri maju lainnya diwajibkan untuk mengurangi emisi gas kaca yang diyakini mengakibatkan perubahan iklim dan terjadinya pemanasan global.
KTT G8 diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan yang lebih konkret dan mengikat dari negara-negara maju dalam mengurangi CO2.
Negara-negara maju juga diharapkan memberikan teknologi dan bantuan dana kepada negara berkembang sehingga target mengurangi gas buangan (emisi) global bisa dilaksanakan secara bersama. 

Mobil Mitsubishi Terbaru 2011 I-MiEV akan dipasarkan di lebih dari 14 negara di Eropa, termasuk Perancis, Inggris, Italia, Belanda, Norwegia, Portugal, Spanyol, Swedia Swiss juga Jerman dengan kisaran harga sekitar 33-35.000 Euro.

Honda PCX, Motor Skutik Matic Honda Terbaru 2010. PT Astra Honda Motor (AHM) hari ini resmi meluncurkan skuter matik (skutik) PCX. Motor ini dibanderol Rp32 juta on the road Jakarta.


LCD HDTV Tertipis di Dunia, Milik Sony


LDC (Liquid Crystal Display) HDTV (High Devinition TeleVision) milik Sony ini di klaim sebagai yang tertipis di dunia. Tebalnya hanya 9.9 mm, hanya setangah dari ketebalan LCD TV milik Hitachi yakni Former Champ. LCD HDTV ini diberi label KDL-40ZX1 dan dijual dengan harga 490.000 Yen atau US$ 4.474. Televisi berteknologi tinggi dan terbaru ini memiliki level kontras 3000:1, frequensi 120 Hz,teknologi layar warna x.v dan 5GHz wireless. Menurut rencana, LCD HDTV ini akan diluncurkan di Jepang pada 10 Nopember nanti.

Sebuah mobil yang telah diklaim mampu berlari hingga dengan kecepatan 330 km perjam, dan mobil tersebt juga telah diklaim sebagai mobil hibrida tercepat di dunia. Nama dari sebuah mobil yang mempunyai berbagai kelebihan tersebut adalah Veritas RS III Roadster!

Mobil Veritas  RS III Roadster tersebut diproduksi oleh Vermot AG, dan mobil tersebut juga telah diperkenalkan di masyarakat pada tahun lalu. Akan tetapi pada saat itu Veritas RS III Roadster masih diperkuat oleh mesin V10 milik BMW yang berkapasitas 5.0 liter yang sama dengan yang digunakan M5 dan M6. Mesin tersebut memiliki kekuatan hingga 507 hp. Namun saat ini kekuatan mobil tersebut betambah, total  tenaga yang dimiliki mobil tersebut menjadi 600 hp. Adanya penambahan tersebut berkat aplikasi dari motor listrik 105 kW yang telah dipasangkan pada roda depan mobil tersebut.
Sehingga dengan adanya penambahan tenaga tersebut, maka berat dari mobil tersebut pun juga ikut bertambah mencapai 500 kg, dikarenakan mengendong baterai lithium ion. Meskipun mobil tersebut lebih berat, Vermot AG mengeklaim kalau kecepatan dari mobil tersebut dapat menempuh 100 km perjam hanya dalam waktu 3,1 detik saja atau turun 0,1 detik dari versi bermesin konvensional yang tercatat membutuhkan waktu 3,2 detik untuk mencapai kecepatan yang sama. Kemudian hanya mengandalkan kemampuan baterai dan motor listriknya, Veritas RS III Roadster masih mampu berjalan hingga 50 km dengan kecepatan standar.
Akan tetapi untuk versi listrik akan diperkenalkan pada tahun 2013 mendatang. Sistem hibrida yang berada di Veritas RS III Roadster terbilang cukup cerdas dengan mengaplikasi teknologi Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang mampu mengisi ulang baterai di ketika mobil melakukan pengereman.
Kereta
Jepang meluncurkan kereta peluru terbaru mereka, Hayabusa. Kereta super cepat yang berarti Burung Elang itu penampilannya berbeda dibandingkan kereta sejenis yang telah hadir terlebih dahulu, semisal Shinkansen. Moncong kepala kereta dibuat lebih ramping dan selintas mirip paruh Elang.
Kereta ini diklaim mampu berlari hingga kecepatan 300 kilometer per jam dan tiap gerbongnya didesain mirip dengan kelas bisnis pada pesawat. Kecepatan kereta ini pada tahun depan akan ditingkatkan hingga 320 km per jam dan akan menjadi kereta tercepat di seluruh Jepang.
Kehadiran kereta ini melanjutkan teknologi kereta peluru yang dibangun Negeri Matahari Terbit ini melalui Shinkansen pada era 1960-an. Bahkan, Jepang berniat untuk menjual kemampuan mereka dalam menciptakan teknologi kereta peluru ini menembus Amerika Serikat. Ini sejalan dengan rencana Presiden AS Barack Obama yang berencana memperbaiki jaringan kereta di seluruh AS, termasuk menyiapkan anggaran US$13 miliar untuk keperluan itu.
Hayabusa akan melayani jalur Tokyo menuju Aomori, di Pulau Honshu yang hingga saat ini belum tersentuh jaringan kereta peluru. Rute sejauh 675 km itu akan ditempuh selama tiga jam 10 menit. Kereta ini juga akan meladeni rute menuju Sendai yang terletak di antara Tokyo dan Aomori.
Untuk bisa menikmati kereta peluru terbaru ini, setiap calon penumpang wajib membeli tiket seharga US$320 sekali jalan dan berhak atas pelayanan GrandClass dimana para kru kereta akan langsung menyediakan minuman dan makanan gratis dengan cita rasa kelas satu. Para penumpang juga akan menikmati empuknya kursi berlapis kulit kelas terbaik dan karpet wol yang tebal.
Sekolah Teknologi Baru: dengan Papan Tulis Sentuh
Di Amerika Serikat papan tulis sekolah sedang diganti untuk interaktif, raksasa, sensitif sentuh layar komputer, yang memungkinkan siswa dan guru untuk berbagi tugas, menjelajahi web dan mengedit video menggunakan jari-jari mereka seperti pena, kata Wired News. Debu dan suara menyakitkan kuku menggaruk pada papan tulis yang di masa lalu.
Siswa menggunakan papan untuk mendemonstrasikan solusi untuk masalah-masalah matematika, mereka anak-anak menggambar di papan dengan ujung jari mereka dan menjelaskan kepada kelas bagaimana mereka datang dengan jawaban mereka.
“Ini benar-benar membantu dengan motivasi,” kata Eliza Bang, guru kelas. “Sebagai platform untuk mendorong kerja kelompok, itu biasa.”
Guru dapat menampilkan slide-show atau bahkan video. Sekarang mungkin untuk membuka halaman web dengan informasi yang berguna hanya dalam hitungan detik.
Papan tulis interaktif dapat ditemukan di lebih dari 150.000 ruang kelas di US, dan teknologi juga tumbuh secara internasional, dengan hadir di 75 negara
Dan ada begitu banyak kemampuan untuk “murid nakal” untuk menunjukkan sesuatu yang disensor pada layar lebar pada saat pelajaran! ..
TV
Jepang Berhasil membuat televisi 3D Dimana gambar dari televisi itu bisa DICUBIT
Bayangkan modern nya dunia ini
Bayangkan, saat menonton TV tiga dimensi (3D) sensasi nyata tak hanya dirasakan dari sisi visualnya saja. Anda juga bisa merasakan sensasi sentuhan sehingga apa yang dilihat terasa benar-benar nyata.
Berkhayal? Tentu saja tidak. Hal itu akan mungkin dilakukan dengan teknologi TV 3D terbaru yang tengah dikembangkan tim peneliti di Jepang. Ya, mereka sedang menggarap sistem TV 3D pertama di dunia yang memungkinkan pengguna menyentuh, mencubit atau mencolek gambar yang ditayangkan. Menarik bukan?
“Ini adalah pertamakalinya Anda bisa menyentuh gambar dalam tayangan 3D,” kata salah satu anggota tim peneliti Norio Nakamura dari National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, Jepang.
“TV 3D ini nantinya membuat Anda bisa merasakan sensasi sentuhan seperti memukul bola karet atau meregangkan benda-benda kenyal dalam gambar 3D,” tambahnya.
Dia menyebutkan, teknologi tersebut mengubah bentuk gambar 3D ke dalam respons sentuhan, dibantu dengan kamera yang memonitor bagaimana jari-jari si pengguna bergerak.
Jika sudah rampung, teknologi ini kabarnya akan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan seperti alat bantu simulasi operasi bedah, software video game dan alat bantu untuk tunanetra.

No comments:

Post a Comment