About Me

My photo
Tangerang, banten, Indonesia
hey,i'm hayu. I'm interested much about japan, so check it out. Don't forget to leave comment of this blog,,OK ??

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, April 14, 2011

Letak Geografis Jepang


GEOGRAFIS JEPANG      
LETAK GEOGRAFIS

6852  pulau
Luas 378.000 km2
Membentang 4.000 km
Dr 45° LU hingga 20° LS
Daratan tertinggi : 4000m

Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon/Nihon, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku) adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.


















PREFEKTUR

Jepang terdiri dari 47 prefektur yang masing-masing diperintah oleh gubernur bersama dewan legislatif daerah. Dalam pembagian wilayah menurut letak geografis, Jepang dibagi menjadi 10 wilayah, yakni: Hokkaido, Tohoku, Hokuriku, Kanto, Chubu, Kansai (Kinki), Chugoku, Shikoku, Kyushu, dan Kepulauan Ryukyu. 

Kota
Prefektur
Populasi


Kota
Prefektur
Populasi
1
Tokyo
Tokyo
8.483.050
Jepang
Jepang
7
Kyoto
Kyoto
1.474.764
2
Yokohama
Kanagawa
3.579.133
8
Fukuoka
Fukuoka
1.400.621
3
Osaka
Osaka
2.628.776
9
Kawasaki
Kanagawa
1.327.009
4
Nagoya
Aichi
2.215.031
10
Saitama
Saitama
1.176.269
5
Sapporo
Hokkaido
1.880.875
11
Hiroshima
Hiroshima
1.159.391
6
Kobe
Hyogo
1.525.389
12
Sendai
Miyagi
1.028.214
Sumber: Sensus 2005

Gunung Fuji, bunga sakura, dan shinkansen. Ketiganya merupakan simbol Jepang

Nachikatsura Onsen









Keadaan geografi menyebabkan Jepang memiliki banyak sumber mata air panas (Onsen), dan sebagian besar di antaranya telah dibangun sebagai daerah tujuan wisata.










DARATAN

70%  daratan Jepang merupakan pegunungan. berikut beberapa pegunungan dan lembah yang terkenal di Jepang : 

- Kitani Mts (Hokkaido)
- Mt.Kitanami (north)
- Chugoku Mts (west-south)
- Mikuni Mts (west-  central)
- Mt. Fuji (east, 3776m)
- Kyushu Mts (south)

AIR

Kepulauan Jepang terletak di jalur lintasan badai tropis, yg disebut taifun.
Badai  biasa terjadi di akhir musim panas dan awal musim semi, yang menyebabkan banjir, tanah longsor dan merusak panen serta rumah-rumah penduduk.

3,6% air memainkan peranan penting dalam membentuk lanskap Jepang.
- Laut Pasific dan korea di perbatasa Hokkaido
- Laut jepang dan in land sea yang memisahkan Honshu dan Hokkaido.
- Sungai : Ishikari (hokkaido), Shinano (barat Honshu), Tone (timur Honshu)


FLORA

Beberapa jenis bunga dan pohon memiliki arti khusus dalam kebudayaan Jepang
Sakura: perlambang puitis dari bagaimana cepatnya dunia berubah.
Cemara (Matsu): lambang umur panjang, karena kekuatan dan kelenturannya
Bambu (Take): lambang kemampuan mengatasi masalah dan tumbuh semakin kuat

IKLIM

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan.
[40] Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

Iklim Jepang terbagi atas enam zona iklim:
Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang dan membekukan, serta musim panas yang sejuk. Presipitasi tidak besar, namun salju banyak turun ketika musim dingin.

Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun demikian, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi akibat fenomena angin fohn.

Dataran Tinggi Tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas-musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat mencolok.

Laut Pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.Samudra Pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap akibat tiupan angin musim dari tenggara.

Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Presipitasi sangat tinggi, terutama selama musim hujan. Taifun sangat sering terjadi.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Jepang adalah 40,9 °C (105,6 °F) pada 16 Agustus 2007.
Musim hujan dimulai lebih awal di Okinawa, yakni sejak awal Mei. Garis depan musim hujan bergerak ke utara, namun berakhir di Jepang utara sebelum mencapai Hokkaido. Di sebagian besar wilayah Honshu, awal musim hujan dimulai pertengahan Juni dan berlangsung selama enam minggu. Taifun sering terjadi sepanjang September dan Oktober. Penyebabnya adalah tekanan tropis di garis khatulistiwa yang bergerak dari barat daya ke timur laut, dan sering membawa hujan yang sangat lebat.

Musim hujan dimulai lebih awal di Okinawa, yakni sejak awal Mei. Garis depan musim hujan bergerak ke utara, namun berakhir di Jepang utara sebelum mencapai Hokkaido. Di sebagian besar wilayah Honshu, awal musim hujan dimulai pertengahan Juni dan berlangsung selama enam minggu. Taifun sering terjadi sepanjang September dan Oktober. Penyebabnya adalah tekanan tropis di garis khatulistiwa yang bergerak dari barat daya ke timur laut, dan sering membawa hujan yang sangat lebat.


Daerah Industri terletak di daerah pinggiran laut Pasifik, karena jalur pelayarannya lebih mudah. kota-kota yang dianggap sebagai kota industri pentinga adalah Tokyo, Yokohama, Nagoya, Osaka, dan Kobe.
Gempa bumi berkekuatan rendah dan sesekali letusan gunung berapi sering dialami Jepang karena letaknya di atas Lingkaran Api Pasifik di pertemuan tiga lempeng tektonik.
Gempa dahsyat berkekuatan 8,9 menghantam timur laut Jepang, Jumat siang, dan menyebabkan banyak korban, kebakaran, dan tsunami sekitar 4 meter di sepanjang pantai negara itu. Demikian dilaporkan televisi NHK dan saksi.
Gempa bumi berkekuatan rendah dan sesekali letusan gunung berapi sering dialami Jepang karena letaknya di atas Lingkaran Api Pasifik di pertemuan tiga lempeng tektonik. Gempa bumi yang merusak sering menyebabkan tsunami. Setiap abadnya, di Jepang terjadi beberapa kali tsunami.Gempa bumi besar yang terjadi akhir-akhir ini di Jepang adalah Gempa bumi Chūetsu 2004 dan Gempa bumi besar Hanshin tahun 1995. Keadaan geografi menyebabkan Jepang memiliki banyak sumber mata air panas, dan sebagian besar di antaranya telah dibangun sebagai daerah tujuan wisata.
Setelah gempa berkekuatan 8,9 itu, terjadi sejumlah gempa susulan yang juga kuat dan memicu peringatan tsunami setinggi 10 meter. Gempa tersebut menyebabkan bangunan terguncang di ibu kota Tokyo.
Gambar-gambar televisi menunjukkan terjangan bah yang membawa puing-puing bangunan. Televisi NHK memperlihatkan kobaran api dan asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo. Kereta api cepat di utara negara itu pun dihentikan.
Asap hitam juga membubung dari kawasan industri di daerah Yokohama Isogo. Tayangan televisi menunjukkan bahwa perahu, mobil, dan truk mengambang di air setelah tsunami menghantam kota Kamaichi di utara Jepang. Sebuah jembatan, lokasinya tidak diketahui, tampak telah runtuh ke dalam air. Kyodo mengatakan, ada laporan tentang kebakaran di kota Sendai di timur laut.
"Bangunan ini berguncang untuk waktu yang terasa lama dan banyak orang di ruang berita meraih helm mereka dan beberapa masuk ke bawah meja," kata koresponden Reuters, Linda Sieg, di Tokyo. "Mungkin ini gempa terburuk yang saya rasakan sejak saya datang ke Jepang lebih dari 20 tahun lalu." Para penumpang di jalur kereta bawah tanah di Tokyo menjerit. Goncangannya sangat kuat dan sangat sulit bagi orang untuk tetap berdiri," kata wartawan Reuters, Mariko Katsumura.
Ratusan pekerja kantor dan pengunjung toko tumpah ke jalan Hitotsugi di pusat perbelanjaan di Akasaka, pusat kota Tokyo.
Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya menyatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 7,9 dan berpusat di kedalaman 24,3 km sekitar 130 km di sebelah timur Sendai, di pulau utama Honshu. Namun, badan itu kemudian menyatakan bahwa gempa berkekuatan 8,9.
Pantai Pasifik di timur laut Jepang, yang disebut Sanriku, telah menderita akibat gempa dan tsunami pada masa yang lalu. Rabu lalu, daerah itu dilanda gempa berkekuatan 7,2 SR. Tahun 1933, gempa berkekuatan 8,1 SR di daerah tersebut menewaskan lebih dari 3.000 orang.
Gempa bumi merupakan hal biasa di Jepang, salah satu daerah seismik paling aktif di dunia. Sekitar 20 persen gempa berkekuatan 6,0 SR atau lebih terjadi di Jepang.
Kena Bencana Tsunami, Warga Jepang Masih Tertib Antre Evakuasi 
Kena Bencana Tsunami, Warga Jepang Masih Tertib Antre Evakuasi
Foto: TBStv
Jakarta - Negara Jepang memang terkenal dengan kebiasaannya untuk selalu tertib. Buktinya meski bahaya tsunami mengancam nyawa, mereka masih terlihat tertib mengantre ke dalam bis untuk evakuasi.
Seperti yang terlihat dalam tayangan di sebuah stasiun televisi lokal Jepang, TBStv, ribuan warga yang berkumpul di utara Stasiun Shibuya, Tokyo, sedang mengantre dengan tertib untuk masuk ke dalam bis yang telah disediakan. Sama sekali tidak terlihat ada warga yang menyerobot maupun berebut untuk segera masuk ke dalam bis.
Memang gelombang besar tidak menerpa kota Shibuya, namun mengingat dampak gempa yang membuat sistem transportasi subway tidak berfungsi, mereka pun harus menggunakan bis untuk menyelamatkan diri.
Dalam video itu juga beberapa warga yang keluar dari gedung tidak terlihat panik dan kalaupun ada yang panik, orang yang disebelahnya menepuk tangan ke punggung sambil berkata 'Daijobu' berkali-kali. Daijobu sendiri artinya tidak apa-apa.
Seperti yang diketahui ketertiban merupakan kebiasaan yang telah mendarah daging di sana. Tak peduli sedang berada dalam situasi yang mungkin mengancam nyawa, mereka tetap mempertahankan kebiasaan tertib dalam segala hal.

Tokyo Disneyland,taman rekreasi terbesar di Jepang yang sempat ditutup setelah gempa bumi dan tsunami menimpa Jepang pada 11 Maret lalu, dinyatakan siap untuk dibuka kembali pada bulan April ini.


Tokyo 
Disneyland



Pada saat gempa, terdapat 69.000 pengunjung sedang berada di dalam area Disneyland dan sekitar 30.000 orang menginap satu sampai dua malam di dalamnya dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola tanpa dikenakan biaya apapun.
Oriental Land, perusahaan pengelola Disneyland di Tokyo belum menetapkan tanggal pastinya karena masih memikirkan masalah pemadaman listrik bergilir yang diterapkan oleh pemerintah. Saat ini Jepang memang sedang kekurangan pasokan listrik setelah reaktor Fukushima Daiichi meledak.
Sebagai perbandingan saja, ketika semua fasilitas Disneyland beroperasi secara normal, mereka menggunakan tenaga listrik yang cukup untuk memasok 57.000 rumah tangga dalam satu hari. Wow.
Demi membantu usaha pemerintah dalam menghemat listrik sekaligus tidak kehilangan pendapatan, Oriental Land mempertimbangkan beberapa pilihan yaitu memperpendek jam operasional, menutup beberapa tempat bermain atau membuka hanya satu taman saja.

No comments:

Post a Comment